Daftar Blog Saya

Jumat, 08 September 2023

Kegiatan Jumat Sehat, Bersih dan Bahagia di Sekolahku

Hari ini, Jumat 8 September 2023 seluruh warga sekolah SDN 4 Jambon melaksanakan kegiatan pembiasaan Jumat Bersih, Sehat dan Bahagia. Kali ini tidak sekedar hanya melaksanakan kegiatan senam pagi dan kebersihan lingkungan sekolah bersama, namun juga ada kegiatan plus yaitu penyuluhan dan praktik pentingnya mengkonsumsi makanan 4 Sehat 5 Sempurna bagi seluruh peserta didik SDN 4 Jambon. Ke depan, agar program ini dapat berkelanjutan dan menjadi suatu pembiasaan positif, berdasarkan hasil musyawarah antara dewan guru, siswa, komite sekolah serta orang tua siswa kami menyepakati melaksanakan secara rutin seminggu sekali. Yaitu pada hari Jumat pagi sebelum pelajaran dimulai. Sehingga kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan ko kurikuler di sekolah. Dengan melaksanakan kegiatan senam bersama tubuh akan menjadi sehat serta membuang energi negatif yang ada pada fikiran dan menstabilkan emosional diri anak. Dengan terbiasa menjaga kebersihan akan tumbuh rasa tanggungjawab, jiwa bergotong-royong serta meningkatkan karakter cinta terhadap diri pribadi dan lingkungannya.



Awal mula munculnya gagasan program kegiatan Jumat, Bersih, Sehat dan Bahagia ini adalah ide dari siswa dalam suatu curah pendapat yang dihadiri oleh seluruh warga sekolah (Kepala Sekolah, dewan guru, komite sekolah, perwakilan orang tua siswa, kelompok mahasiswa program kampus mengajar angkatan ke 6 serta siswa dari kelas 1 s.d 6. Melalui kegiatan curah pendapat tersebut selain sebagai sarana munculnya ide-ide kreatif juga merupakan pengejawantahan lahirnya kepemimpinan pada diri siswa (Student Agency). Konsep kepemimpinan murid ini memiliki makna bahwa murid nantinya memiliki kepemilikan dan tanggung jawab atas pembelajarannya sendiri. Murid memiliki inisiatif dan pilihan atas apa yang akan mereka pelajari, bagaimana cara mereka belajar, hingga mereka memiliki kemampuan bagaimana mengatur proses belajarnya.
Adapun penanaman kembali  program 4 sehat 5 sempurna sejak usia dini sangat baik untuk memberikan kesadaran bagi orang tua dan siswa akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat karena makanan baik bukan merupakan makanan yang harganya mahal namun makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan secara lebih lanjut setelah memiliki pemahaman tersebut, siswa dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun saat di rumah. Makanan 4 sehat 5 sempurna ini merupakan acuan dasar atau pedoman yang dianjurkan untuk dikonsumsi dan diikuti oleh setiap masyarakat Indonesia guna melengkapi syarat makanan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun 4 sehat 5 sempurna terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan dan susu.

1. Makanan pokok,  adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat memiliki peran dan manfaat bagi tubuh, yaitu sebagai energi utama. Contoh dari makanan pokok yaitu nasi, ubi, kentang, singkong, dan lain-lain.

2. Lauk-pauk, adalah makanan utama pendamping makanan pokok yang berfungsi sebagai sumber zat pembangun bagi tubuh. Selain itu lauk pauk juga memiliki banyak bentuk nutrisi dan protein yang baik , seperti daging, ikan, tahu, tempe, dan telur.

3. Sayur-mayur, adalah makanan yang sehat dan bergizi, sayuran merupakan sumber terbaik dari mineral dan vitamin serta serat untuk tubuh. jika mengkonsumsi banyak sayur juga akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit

4. Buah-buahan, merupakan makanan yang mengandung serat, vitamin dan mineral esensial yang baik bagi tubuh seperti memperlancar buang air besar dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

5. Susu, sumber dari kalsium, protein, fosfor dan mineral penting lainnya. Banyak manfaat yang di dapat dari minum susu. Contohnya susu dapat mencegah osteoporosis dan patah tulang. Selain itu, susu juga dapat mempertahankan berat badan yang ideal dan sehat. Semua peserta sangat antusias mengikuti kegiatan sampai dengan kegiatan selesai.

Dikatakan 4 sehat 5 sempurna karena sebenarnya 4 faktor utama (makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur dan buah) sudah cukup untuk menjadi syarat makanan sehat bagi tubuh kita, namun dengan adanya tambahan susu yang dianjurkan dikonsumsi, dipercaya akan menyempurnakan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk selalu menjadi sehat. Menu makanan 4 sehat 5 sempurna memiliki bermacam kandungan gizi seimbang yang pastinya sangat bermanfaat untuk kerja organ dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Adapun manfaatnya antara lain:

1. Menjaga berat badan tetap ideal, sehingga anak terhindar dari risiko obesitas dini.

2. Mendukung pertumbuhan anak, termasuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi serta membuat anak tetap aktif.

3. Menunjang perkembangan otak, misalnya melalui gizi yang terkandung dalam ikan.

4. Mencegah anak mengalami gizi buruk yang berujung pada pertumbuhan kerdil alias stunting.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembelajaran Menjadi Menyenangkan Melalui Kegiatan Outing Class

Penjelajahan alam di Bukit Sigit Kec. Pulokulon Ketika memasuki fase pembelajaran di jenjang SD, hanya belajar tentang ilmu pelajaran akan t...