Daftar Blog Saya

Kamis, 12 Oktober 2023

PENGENALAN ECOBRICK DI SDN 4 JAMBON SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN MASALAH SAMPAH

  

Masalah sampah adalah salah satu masalah yang pelik dan perlu mendapatkan perhatian khusus saat ini. Dengan meningkatnya aktivitas penduduk, maka sampah yang dihasilkan semakin banyak. Masalah sampah ini terutama sampah plastik karena sulit untuk terurai dan bahkan berdampak negatif bagi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah sampah adalah ecobrick. Ecobrick adalah teknik pengelolaan sampah plastik yang terbuat dari botol-botol plastik bekas yang di dalamnya telah diisi berbagai sampah plastik hingga penuh kemudian dipadatkan sampai menjadi keras. Ecobrick merupakan salah satu upaya kreatif untuk mengelola sampah plastik menjadi benda-benda yang berguna, mengurangi pencemaran dan racun yang ditimbulkan. Kegiatan pengenalan ecobrick di sekolah ini perlu dilakukan untuk meningkatkan pemamahan dan kesadaran siswa di sekolah kami agar nantinya mampu mengolah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna. Sehingga pada akhirnya siswa memahami bahwa sampah bukan hanya sekedar limbah, tetapi dapat dimanfaatkan kembali untuk kebutuhan manusia.

Pemanfaatan dan pengolahan sampah dari botol bekas ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi sekolah kami untuk memunculkan gagasan/ide kreatif menjadi barang yang berguna, misalnya dengan membuat rak sepatu bagi siswa. Dengan kolaborasi antara warga sekolah (guru, siswa, penjaga) dengan kelompok mahasiswa program kampus mengajar angkatan 6 alhasil tercipta produk yang berharga dan tentunya bermanfaat untuk kepentingan peserta didik. Pengenalan dan proses pembuatan ecobrick ini juga merupakan bentuk nyata kegiatan pengembangan kewirausahaan yang dilaksanakan di SDN 4 Jambon.

Proses Pembuatan Ecobrick

Produk Rak Sepatu 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembelajaran Menjadi Menyenangkan Melalui Kegiatan Outing Class

Penjelajahan alam di Bukit Sigit Kec. Pulokulon Ketika memasuki fase pembelajaran di jenjang SD, hanya belajar tentang ilmu pelajaran akan t...